Minggu, 09 Oktober 2016

10 Objek wisata gratis di Hanoi dan Ho Chi Minh City

Objek wisata Vietnam - Wisata ke Vietnam: Vietnam ini memang surganya backpacker. Akomodasi murah, makanan kaki lima murah, mata uangnya pun nilainya lebih kecil daripada rupiah. Jadi alih-alih merasa miskin karena harus mengalikan mata uang lokal dengan kurs ketika mengkonversi ke rupiah, di Vietnam ini kita membaginya. Pokoknya bikin kita merasa kaya deh. Merasa tok lho ya, sebenernya sih tetep juga miskin hihihi.

Kalau sudah dapet penginepan murah, kita juga bisa makin hemat dengan pilihan objek wisata gratisan. Berikut rekomendasinya:

1. Hanoi Old Quarter


Hanoi Old Quarter - Vietnam

Wisata di Hanoi: Old Quarter atau yang sering juga disebut sebagai 36 jalan ini sebenarnya kini telah berkembang menjadi lebih dari 36 jalan. Lingkungan ini penuh dengan beragam toko-toko, warung makan, pasar, restoran. Kemungkinan besar kalian akan memilih akomodasi di Old Quarter.

2. Danau Hoan Kiem


Danau Hoan Kiem - Vietnam

Danau Hoan Kiem yang menjadi pusat kota Hanoi tidak akan mungkin terlewatkan oleh kalian. Kehidupan Hanoi seolah-olah mengelilingi danau ini. Salah satu landmark Hanoi adalah jembatan Huc berwarna merah yang berada di danau ini. Pagi hari biasanya ada yang jogging, taichi, atau senam jantung lansia di sini. Bisa ikutan juga tuh. Sore dan malam ada banyak jajanan yang juga murah-murah.

3. Ho Chi Minh Mousoleum Complex - Hanoi


Ho Chi Minh Mousoleum Complex - Hanoi - Vietnam

Terletak di Lapangan Ba Dinh, tempat ini dulu digunakan oleh Ho Chi Minh untuk membacakan Deklarasi kemerdekaan pada 2 September 1945 yang menandai berdirinya Republik Demokratik Vietnam.

4. Katedral St Joseph Hanoi


Katedral St Joseph Hanoi - Vietnam

Gereja Katolik Roma ini dibangun dengan gaya arsitektuk neo-gothic. Katedral ini dibangun pada tahun 1886 dan sangat ramai dikunjungi jemaat pada akhir pekan dan Hari Raya.

5. Jalan Pham Ngu Lao - Kota Ho Chi Minh


Jalan Pham Ngu Lao - Kota Ho Chi Minh - Vietnam

Wisata di Ho Chi Minh City: Wilayah yang terletak di Distrik 1 Ho Chi Minh City ini adalah favorit para backpacker. Jajaran gang-gang kecil bak surga bagai para penggemar wisata kuliner maupun wisata belanja. Penggemar wisata malam pun akan dimanjakan di Pham Ngu Lao.

6. Delta Mekong


Delta Mekong - Vietnam

Kalian dapat pergi ke kota-kota kecil di sekitar Delta Mekong, seperti Ben Tre, Can Tho, maupun My Tho. Di sana anda akan disuguhi pemandangan sawah, ladang, serta Sungai Mekong yang berwarna kecoklatan. Cara paling murah untuk menikmati pemandangan Delta Mekong adalah dengan mengikuti tur dari Ho Chi Minh City. Delta Mekongnya beneran gratis tapi turnya bayar hahahhah.

7. Saigon Central Mosque


Saigon Central Mosque - Kota Ho Chi Minh - Vietnam

Sering disebut juga sebagai Masjid Dong Du, karena letaknya di Jalan Dong Du Ho Chi Minh City, di sekitar kawasan elit Dong Khoi. Masjid ini didirikan oleh orang-orang Muslim dari India Selatan pada tahun 1935. Di sekitar masjid terdapat beberapa restoran halal. Dan di sinilah saya pernah shalat Idul Fitri tahun 2008.

8. Katedral Notre Dame - Saigon


Katedral Notre Dame - Saigon - Vietnam

Katedral ini dibangun antara tahun 1863 dan 1880 oleh penjajah Perancis. Pada tahun 2005, patung Bunda Maria yang berada di depan bangunan gereja dikabarkan meneteskan airmata. Walaupun hal ini dibantah oleh uskup, hal tersebut tidak mengurangi minat warga untuk melihatnya.

9. Pasar terapung Cai Rang


Pasar terapung Cai Rang - Vietnam

Pasar terapung ini berada sekitar 6 km dari Can Tho di Delta Mekong. Dari kota Ho Chi Minh, butuh waktu sekitar 4-5 jam untuk mencapainya. Saat yang paling tepat untuk mengunjungi pasar ini adalah di pagi hari ketika sedang ramai pengunjung.

10. Berbagai kuil dan pagoda


Thien Hau Pagoda - Ho Chi Minh City - Vietnam

Vietnam dengan penduduk mayoritas beragama Buddha memiliki berbagai lokasi wisata berupa kuil dan pagoda. Beberapa di antaranya adalah Giac Lam Pagoda dan Thien Hau Pagoda di Kota Ho Chi Minh dan sekitarnya, serta Kuil Bach Ma di Hanoi. Sebagian besar kuil dan pagoda tidak memungut biaya masuk, kecuali beberapa tempat tertentu seperti Kuil Ngoc Son di Danau Hoan Kiem.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar