Selasa, 29 November 2016

7 Tips Wisata di Ho Chi Minh City - Vietnam

Tips Wisata di Ho Chi Minh City (HCMC) - Wisata ke Vietnam: HCMC merupakan salah satu destinasi liburan favorit di Vietnam. Jika traveler berencana pergi ke sana, simak dulu tips berikut ini agar liburan lebih maksimal.

Meskipun bukan ibukota, Ho Chi Minh termasuk salah satu kota terpadat di Vietnam. Untuk urusan objek wisata, banyak juga yang menarik untuk dikunjungi di kota ini.

Tapi sebelum berangkat ke Ho Chi Minh City, setidaknya ada 7 tips yang perlu diperhatikan. Dihimpun detikTravel, berikut daftarnya:

Wisata di Ho Chi Minh City
Ho Chi Minh City

1. Hati-hati menyeberang jalan

Ho Chi Minh City punya julukan "Motorbike Capital of The World". Hal ini tak mengherankan karena jutaan unit motor beroperasi di kota tersebut. Dengan banyaknya sepeda motor yang seliweran dan pengendara yang seakan jarang mengerem, menyeberang jalan pun jadi tantangan bagi turis.

Ada kita khusus agar selamat menyeberang jalan di Ho Chi Minh City. Tunggulah sampai jalanan sedikit lowong, angkat sebelah tangan supaya pengendara tahu Anda akan menyeberang. Jalanlah ke seberang sambil tetap mengangkat tangan dan menengok ke kanan dan kiri jika kendaraan datang dari 2 arah.

2. Tawar menawar harga di pasar

Beberapa tempat belanja di Ho Chi Minh memperbolehkan pembeli untuk menawar harga, misalnya Ben Thanh Market. Pasar ini merupakan salah satu pusat belanja oleh-oleh untuk bagi para traveler.

Harga barang-barang yang ditawarkan di sini awalnya memang tergolong mahal. Maka, pandai-pandailah menawar harga yang ada agar lebih ramah di kantong. Tawar hingga setengah dari harga awal yang diberikan pedagang.

Beberapa pedagang bisa berbahasa Inggris. Tapi jika bertemu pedagang yang tidak bisa bahasa Inggris, tulis saja harga yang diinginkan di kalkulator atau ponsel kemudian tunjukkan ke pedagang.

3. Waspada barang bawaan

Ketika sedang berjalan kaki atau belanja di pasar, tetaplah waspada dengan semua barang bawaan. Tak sedikit turis yang pernah kecopetan di Ho Chi Minh. selama bepergian, jangan gunakan aksesoris mencolok dan sebaiknya letakkan tas Anda di tubuh bagian depan.

4. Pilih hotel di daerah wisata

Ada beberapa distrik di Ho Chi Minh City. Untuk aneka objek wisatanya, banyak berada di Distrik 1. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih penginapan, baik hostel backpacker maupun hotel di area distrik tersebut agar lebih mudah menjangkau berbagai objek wisata.

5. Keliling kota dengan jalan kaki

Ho Chi Minh City dulu sempat dijajah oleh Prancis, sehingga banyak gedung bergaya Eropa yang masih berdiri tegak di kota ini. Seperti di Distrik 1, banyak gedung bersejarah yang letaknya berdekatan dan bisa dijelajahi dengan berjalan kaki. Mulai dari City Hall, Ntre Dame Cathedral hingga Central Post Office.

6. Mencicipi kuliner

Banyak sekali kuliner lezat yang bisa dicicipi di Ho Chi Minh, baik di restoran maupun street food. Aneka makanan yang wajib dicoba misalnya pho, banh mi dan bun rieu. Tapi, bagi traveler Muslim harus lebih berhati-hati karena banyak makanan yang tidak halal.

Sebelum membeli carilah informasi terlebih dahulu daging apa digunakan dalam sebuah menu makanan. Jika daging babi, mintalah untuk diganti. Tapi kalau ingin lebih aman, ada beberapa restoran halal untuk bersantap di kota ini.

7. Memilih transportasi

Untuk bepergian di sekitar kota, ada berbagai angkutan umum seperti bus, taksi dan Xe Om atau taksi motor yang bisa dipilih. Namun, sebaiknya traveler lebih waspada memilih angkutan umum agar tidak tertipu dan harus membayar berkali-kali lipat dari harga normal.

Agar lebih aman masalah harga, naiklah bus yang dengan trayek yang tertera di berbagai panduan wisata. Jika ingin lebih nyaman, traveler bisa naik taksi. Tapi, pilihlah taksi yang terpercaya seperti Vinasun, Mai Linh, Grabtaxi atau Uber Taxi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar